Jenis gula dan kegunaa...
Jenis-jenis Gula
Industri gula yang efi...
Gula Pengaruhi Gigi Be...
Lidah buaya untuk peng...
Diabetes si Penyakit Gula
Berikan Larutan Gula ...
Menjaga Kadar Gula Aga...
Macam - macam Gula ber...
Kebenaran tentang Gula...
Mitos dan Fakta Seputa...
Apakah gula rafinasi itu?
Apakah guna gula?
GI Index
Diabetes VS. Gula
 
HOME > ABOUT SUGAR

Gula Pengaruhi Gigi Berlubang

Makanan sangat memengaruhi risiko gigi berlubang dan kesehatan mulut. Begitu kamu mengonsumsi makanan tertetu, akan terjadi perubahan dalam mulut.

Bakteri di mulut mengubah gula dari makanan menjadi asam. Selanjutnya, asam ini akan menyerang lapisan email gigi dan memulai proses kerusakan. Semakin sering kamu makan dan mengudap, semakin sering gigi terpapar dengan siklus ini.

Makanan sehat untuk mulut
Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mulut termasuk keju, ayam atau jenis daging lain, kecang-kacangan dan susu. Makanan ini diyakini melindungi lapisan email gigi dengan menyediakan kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini diperlukan untuk menggantikan mineral gigi yang hilang terkikis asam.

Pilihan makanan sehat lainnya adalah buah-buahan yang renyah (seperti apel dan pir) serta sayuran. Makanan ini kaya air, yang akan mencairkan efek gula dari makanan dan menstimulasi aliran air liur (melindungi dari kerusakan dengan mengangkat partikel makanan dan mengencerkan asam).

Pilihan buruk
Pilihan makanan yang buruk termasuk permen (seperti lollipop, permen keras, dan mint), kue, pie, roti, muffin, keripik kentang, kentang goreng, nanas, kismis, serta jenis buah kering lainnya. Makanan ini mengandung gula dalam jumlah besar serta cenderung lengket ke gigi, menyediakan makanan untuk bakteri.

Selain makanan ini, ada baiknya juga memperhatikan penggunaan sirup obat batuk. Sama seperti permen bergula, sirup ini juga memicu kerusakan gigi dengan mengikis lapisan email gigi dengan gula.

Produk pengganti bebas gula
Pengganti gula terlihat dan terasa seperti gula. Akan tetapi, gula pengganti ini dicerna dengan cara yang berbeda. Dengan begitu, bakteri di mulut tidak memproduksi asam penyebab kerusakan. Gula pengganti ini termasuk erythritol, isomalt, sorbitol, mannitol, saccharin, acesulfame potassium, dan sucralose.

Makanan tanpa gula atau bebas gula artinya makanan tersebut tidak ditambah gula dalam proses pengolahan. Akan tetapi, bukan berarti makanan ini tidak mengandung pemanis alami, seperti madu, fruktosa, atau sirup jagung. Sama seperti gula, pemanis alami ini juga menagndung kalori dan bisa merusak gigi.

Untuk menentukan apakah makanan bebas gula yang kamu beli mengandung pemanis alami, periksa label sebelum membeli.

Permen karet
Mengunyah permen karet rendah gula atau bebas gula pada dasarnya baik untuk gigi. Proses mengunyah membantu melepaskan partikel makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dan meningkatkan aliran air liur untuk menetralkan asam di mulut. Permen karet yang mengandung gula pengganti xylitol bahkan dinyatakan mengurangi risiko gigi berlubang.

PT.Sugar Labinta | Indonesian Sugar Reginary Manufacturer | Member of AGRI (Indonesian Refined Sugar Association) | © PT. Sugar Labinta, All Rights Reserved